Iklan, Internet dan Etika...

Suatu saat ketika lembayung menyelimuti senja...

KUTI menghirup susu coklat hangat di gelasnya perlahan. Pradipta duduk di sampingnya, juga memegang gelas yang menghamburkan wangi coklat. Berdua, mereka sedang mengobrol.

Dee ada di dekat mereka, tapi tak terlalu dapat terlibat dalam pembicaraan keduanya, sebab hal- hal yang dibicarakan ‘sangat laki- laki’, beberapa hal detail dan teknis tentang mobil, bus, kereta api yang bagi Dee sendiri sungguh 'tak ada bedanya' ( apa sih pentingnya memperhatikan bagaimana bentuk lampu sebuah mobil, atau kemana arah gerak wiper di bus, apakah bergerak ke arah yang sama, atau ke arah berlawanan, misalnya? Dee juga tak tahu secara detail tentang beragam komponen yang menggerakkan roda kereta api, hal yang sekarang sedang dibahas oleh Pradipta dan Kuti ).

advertising



Walau tak dapat turut mengobrol, tak berarti Dee tidak menikmati pemandangan dimana suami dan anaknya saling berdiskusi dan bertukar cerita semacam itu. Melihat hal tersebut terjadi selalu menyenangkan hati Dee. Dia tak keberatan untuk berada di sana, diantara suami dan anaknya yang sedang mengobrol sementara dia sendiri melakukan sesuatu yang lain.

Seperti saat itu.

Nareswara dan Nareswari baru saja terlelap. Dee mencuri waktu senggang itu untuk mandi sore ( setelah kehadiran bayi kembarnya, dia terlatih untuk mandi dengan cepat ), dan ketika ditemukannya kedua bayi tersebut ternyata masih pulas seusai dia mandi, Dee segera meraih komputernya lalu membuka sebuah folder dan dengan cepat menyisir file- file yang ada di situ.

Ketika diketemukannya apa yang dia cari, tanpa sadar Dee berkata, “Ah… ini dia!”

Mendengar celetukan Dee, Kuti menoleh. Dilihatnya Dee membuka sebuah file. Melihat logo di bagian atas file yang dibuka istrinya, dengan segera Kuti mengenali file apa yang sedang dibaca Dee.

Jurnal ilmiah.

Kuti menahan senyumnya. Tak perlu membaca judulnya untuk tahu topik apa yang sedang dibaca Dee. Pasti tentang etika marketing dan advertising, pikir Kuti.

Dee memang sempat mengatakan pada suaminya bahwa dia akan membuat sebuah posting untuk blog mereka terkait dengan pembicaraan pada hari sebelumnya tentang iklan yang mereka saksikan di televisi. Dee mengatakan pada Kuti bahwa dia pernah membaca artikel yang berisi kode etik periklanan serta sebuah jurnal yang berisi ulasan terkait topik yang sama.

Kini telah mengenal istrinya dengan baik, Kuti tak mempertanyakan untuk apa Dee yang bukan praktisi periklanan pernah membaca jurnal dan kode etik tentang iklan itu. Dia tahu bahwa Dee seringkali ingin tahu tentang bermacam hal. Dan Kuti tahu bahwa Dee sering memuaskan rasa ingin tahunya itu dengan membaca berbagai jurnal ilmiah...

Kuti menelan senyumnya lagi.

Dia teringat dulu sebelum mereka menikah, ketika pertama kali melihat Dee membaca jurnal- jurnal semacam itu, digodanya Dee dengan mengatakan bahwa cara Dee membaca jurnal itu memberikan kesan bahwa jurnal- jurnal itu seindah puisi di mata Dee.

Dee tertawa saat itu. Dia tahu bahwa Kuti sedang menggodanya ( dan mungkin menganggapnya 'aneh', he he he ) tapi dia tak perduli. Dee memang senang membaca artikel- artikel ilmiah. Katanya pada Kuti, apa yang dikatakan Kuti bahwa membaca jurnal ilmiah itu seasyik membaca puisi memang benar.

Haaa? Benar???

Kuti terbahak mendengar jawaban Dee.

Dan Dee dengan bersungguh- sungguh mengangguk. Jurnal ilmiah dan puisi seringkali memberikan output yang sama, yaitu jawaban atas pertanyaan- pertanyaan yang berputar- putar di kepala dan hatinya, begitu kata Dee.

Jurnal atau puisi yang bagus, menurut Dee, bisa membuat pikirannya terbuka, menjadi terang dan memahami banyak hal dalam hidup.

Dan begitulah… Kecintaan Dee pada jurnal- jurnal ilmiah tak pernah hilang sampai saat ini, sama seperti kecintaannya pada puisi. Jadi Kuti sama sekali tak heran ketika setelah menonton iklan di TV yang kemudian disambung dengan percakapan ringan apakah hal tersebut melanggar etika atau tidak kemarin itu, Dee berkata bahwa dia pernah membaca artikel dan dokumen yang  terkait dengan topik tersebut.

Kuti juga tak heran bahwa ketika Dee berkata dia ingin menulis sesuatu di blog mereka terkait hal tersebut lalu sang istri memulainya dengan mencari dan membaca kembali artikel- artikel yang dulu pernah dibacanya itu.

Kuti tahu, bagi Dee, melakukan telaah literatur semacam itu merupakan sebuah ‘prosedur operasi’ untuk memastikan bahwa apa yang dituliskannya kelak akan dapat dia pertanggung jawabkan.

Seakan dapat membaca apa yang sedang dipikirkan Kuti tentang dirinya, tiba- tiba terdengar Dee berkata " Aku tadi blogwalking, ‘yang," begitu katanya, " Dan aku menemukan sebuah posting yang mengatakan bahwa Internet tak Pernah Lupa. "

" Aku sepakat dengan isi posting tersebut, " kata Dee lagi tanpa menunggu komentar Kuti, " Dan yaaa… walau barangkali tak bisa menjadi sempurna dengan meraih angka 10, tapi aku juga ingin menjadi pengguna internet yang sehat dan bertanggung jawab seperti yang dibahas dalam posting tersebut, “ ujarnya sambil terus membaca artikel di layar komputernya.

Kuti mengangguk. Dia kebetulan juga sudah membaca posting yang diceritakan Dee itu.

Dee tak mengatakan apa- apa lagi setelah itu sebab dia makin terserap pada apa yang sedang dibacanya. Kuti sendiri lalu mengobrol kembali dengan Pradipta, membahas tentang beragam bentuk serta ukuran setir yang digunakan pada bus serta mobil balap…

p.s. i love you

picture taken from: http://www.spiread.com/

19 comments:

JavaExotic said...

Etika berinternet memang perlu dikedepankan..

Suranto Simanullang said...

internet sehat memang membawa nikmat.. dtunggu kunjungannya

srexAsyangar said...

JAdi inget sama wakil rakyat kita.yang mau "belajar" etika ke Yunani. Memang sih..filsuf2 Etika besar berasal dari negara itu. Dan kalau kita mau baca sedikit aja teori2 etika mereka yg bersifat universal, maka tak perlu jauh2 belajarnya. Karena etika pada dasarnya merupakan suatu tatanan kehidupan manusia sbg makhluk sosial yg saling berinteraksi. Harmonisasi selalu menjadi ujung tombak...dan bibit2 konflik biasanya dimulai dari hal2 yg remeh semacam sindiran (halus) di iklan yg kemaren...hehe

Iklan Joglo said...

Etika emang gak harus dalam dunia internet tapi juga dalam kehidupan sehari2 kita dalam berinteraksi dengan sesama manusia,ayo kita junjung tinggi etika...

Natalie said...

*NUMPANG PROMO, ya..
Ingin merubah tampilan facebook… . atau ingin memperluas teman atau relasi kerja melalui facebook… kamu akan langsung mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook sampai dengan berbisnis melalui facebook dengan ketik REG FB kirim ke 9789( khusus pengguna telkomsel, yach!) Hemat waktu dan tenaga anda biarkan kami yang mengerjakan langsung dari handphone anda. Ayo Gabung!….

DanielZP said...

אל תשכחו לעשות ביטוח רכב איכותי וטוב. אפשר להשוות מחירים אבל אסור להתפשר על איכות

ביטוח רכב

Nolaariplykip said...

No bad :), it's interesting, to I come in handy

myforxey said...

מידע על שיטת פורקס
בה ניתן להרוויח או להפסיד

calling card said...

A phone card or calling card - a prepaid calling cards international with a Personal Identification Code named also (PIN) used for a pre-selected international retailer when gone away from home or not at work.
Prepaid phone cards and monthly billed calling cards often bid considerably lower long distance rates (3 to 5 times) than the more traditional phone services such as coin (landline), cellular (wireless) and collect calling. Never forget that free long distance phone call calling rates remain the same no matter what time or day the call has been placed.

Agence traduction said...

I just added this web site to my feed reader, great stuff. Cannot get enough!

bayan said...

Спасибо, полезный материал. Добавил в закладки.

dotsHoops said...

александр цынь маг
http://alexanderzin.clan.su/
вы можете обратиться к настоящему магу через электронную почту aleksander.tsyn@yandex.ru

Приворот
Приворот любимого
Приворот на любовь
Сильный приворот
Приворот сильный
Приворот парня
Заказать приворот
Магия приворот
Приворот магия
Черный приворот
Приворот девушки
Приворот мужа
Приворот сексуальный
Сексуальный приворот
Черная магия приворот
Приворот черная магия
Приворот мужчины
Приворот человека
Любовная магия
Приворожить любимого
Приворожить девушку
Приворожить
Приворожить мужчину
Вернуть любимого
Как вернуть любимого
как вернуть любимого человека
хочу вернуть любимого
как вернуть любимого мужчину
как вернуть любимого приворот
помогите вернуть любимого
как вернуть любимого магия
вернуть любимого с помощью магии
как вернуть любимого человека приворот
как вернуть любимого мужа
как вернуть любимую жену
вернуть любимого человека магия
вернуть мужа
вернуть мужа приворот
вернуть парня
приворожить парня
приворот любимого
любовный приворот
приворот на любовь
приворот на любовь
сильный приворот на любовь
порча
снять порчу
навести порчу
экстрасенсы
битва экстрасенсов
экстрасенсорика
гипноз
гипнотический
магия любви
женщина магия
сглаз
приведение
свеча
магические магазины
магический магазин
изотерика
саркофаг
мумия
жертвоприношение
окультизм
окультные найки
предсказатель
драконы
дракон
сатанизм
кровь
заклинания на крови
заклинание на крови
язычество
поверия
леший
ведьма
теософия
танатология
экзорцизм
экзортист
изгнание беса
бесы
бес
ад
рай
дьявол
изгнание дьявола
АССИРИЙСКАЯ МАГИЯ
Космоэнергетика лечение
аномальная зона
астральное карате
астральные путешествия
аура
ауродиагностика
аурокамера
берегите любовь
Бесконтактный бой
взаимность
внетелесное
диагностика ауры
видения
исцеление
книга по магии
душа
переселение душ
души
Черная месса
Гадание на кольце, хлебе и крючке
Гадание на кольце, хлебе и крючке
гадание
ТАРО
таро
карты гадальные
гадальные карты
магический шар
обряд
магический обряд
Черные маги и некроманты
Чародеи и Чародейки
Классификация артефактов
артефакты
Волшебные мечи
Магические зеркала
Магические книги
Обрядовые куклы
Турийя
Игры со временем
Магия внушения
вампиры
ведьмы
маг
маги
чернокнижник
черная книга

Lipitor said...

I believe, that always there is a possibility.

sammydn said...

Most wealthy brokerages FxsystemsLTD investment group. http://fxsystemsltd.com
They bought 5 forex brokers and are expanding operations all over Europe

decodari telefoane said...

Reparatii calculatoare iasi. Cele mai mici preturi si o experienta de 7 ani in : service, reparatii, diagnosticare, testare, instalare, inlocuire placa de baza, laptop, calculatoare; resoftari, modari, decodari telefoane (inclusiv iphone), psp, play station|un set complet de servicii de la instalare windows, drivere si programe, devirusare si pana la (chiar si dupa) diagnostic hardware, instalare, montare si depanare calculatoare si laptop-uri, imprimanta, router, scanner, partitionari HDD ( hard-disk), configurare si depanare conexiuni la internet, retea LAN sau wireless, instalare programe aferente bunei functionari a PC-ului sau a laptopului, protectie antivirus si firewall, upgrade componente, optimizare sistem prin interventii remote sau la domiciliu.

SeoDiger said...

Dan bagaimana bila hal ini terjadi ?  

Ininaipse said...

Seperti kebanyakan ringan depan, sesekali ada masalah dengan "kurang" - karet antara cover dan kamar mandi . Tapi dengan perawatan yang tepat , masalah ini dapat terbuka. * UPDATE * Ada sebuah produk baru di pasar yang disebut Affresh . Mencegah bau - menyebabkan limbah , bekerja jauh lebih baik daripada klorin, dan menjaga mesin Anda bersih. Lihat informasi produk dan pembelian di sini. Ambil Penggunaan dan Perawatan manual mesin Anda untuk instruksi .
whirpool duet 9400

Arrombgob said...

Digunakan AT u0026 T Wireless Telepon Seluler di Tabungan Fantastic!rn   rn Jika Anda mencari akhir - model yang digunakan AT u0026 T ponsel untuk dijual, Anda telah datang ke tempat yang tepat . Semua kami baru , diperbaharui dan Bekas AT u0026 ponsel T dijamin dan sempurna sebagai pengganti ke telepon , hilang rusak, dicuri , atau upgrade . Pilih dari berbagai macam yang digunakan AT u0026 T ponsel untuk dijual yang sesuai dengan gaya dan budget Anda .rn   rn Toko kami AT u0026 T telepon nirkabel sekarang! used cellphones for sale

extefeElalk said...

Advocacy suits. Women's responsibility suits inclination job out disappoint your co-workers аnd clients know they cаn tаke you seriously. Settle upon your suits to reflect а professionаl аttitude: look on chock-full, neutrаl colors аnd not many embellishments. If you exclusively wаnt sole or two lаdies' suits notwithstanding piece, opt suits in lightweight wool or а cotton grade so you cаn weаr them fully the yeаr. Be sure to hаve skirt suits in your closet for importаnt meetings or for interviews. You cаn аlso аdd women's pаnt suits to your wаrdrobe.
Ladies suits for work

Post a Comment