Ketika Rasa Sportivitas dan Persaingan Sehat Semakin Langka...

Dan gadis remaja itu menunjukkan pada kita seperti apa sebenarnya sportivitas.

SEPERTI apa seharusnya kompetisi yang sehat.

Aku sedang berada di depan komputer, membaca email dan dokumen- dokumen yang dikirimkan Kuti padaku. Belakangan ini ada beberapa hal tertentu yang sedang kubicarakan bersama Kuti dan sehubungan dengan itu aku perlu membaca email serta dokumen darinya.

Saluran internet di rumahku ada di ruangan yang sama dengan ruang dimana televisi berada. Karenanya sambil membaca email serta dokumen yang dikirimkan Kuti dan berusaha mencerna isinya, pada saat yang sama aku juga menyaksikan Grand Final Indonesia Mencari Bakat di layar televisi.

competition1



Dan harus kukatakan, kita harus mengacungkan jempol pada kedua finalis acara tersebut, baik Klantink maupun Putri Ayu. Bukan hanya kepada mereka, tapi patutlah pula kita mengangkat topi pada pembuat konsep acara tersebut.

Lihatlah acara ini, acara dimana banyak orang membuatnya sebagai tangga untuk menggapai bintang. Sebagai jembatan untuk meraih cita.

Tapi seketat apapun kompetisi yang terjadi, aura persahabatan itu kental terasa.

Bukan hanya pada kedua finalis yang berada di urutan teratas, tapi pada beberapa finalis lainpun kehangatan persahabatan itu terasa.

Tidak sama memang. Harus diakui, tidak semua finalis memiliki kedalaman rasa persahabatan serta sportivitas dengan level yang sama terhadap teman yang sekaligus juga pesaingnya dalam kompetisi tersebut.

Tapi ada beberapa orang yang sangat jelas mengalirkan rasa persahabatan dan memiliki tingkat sportivitas yang tinggi itu.

Klantink sang pemenang sendiri, memang berpembawaan santai. Jadi tampaknya bagi mereka semua itu dijalani dengan gaya ‘enjoy aja lagiiii…’ Tapi diluar Klantik, aku menemukan dua orang yang tampak jelas selalu mempersiapkan penampilannya dengan serius, bekerja keras, siap berkompetisi, tapi tetap tampak rendah hati dan ketika mereka kalah, mereka menerima hal tersebut dengan lapang dan sikap yang sangat wajar.

Hudson si manusia dua wajah dan Putri Ayu yang berusia 13 tahun dengan nyata menunjukkan kematangan mental dan kelapangan hati mereka.

Hudson memang sudah dewasa. Tapi lihatlah Putri Ayu. Gadis itu berusia 13 tahun, dan di usia yang konon rawan gejolak ini dia dengan tenang menerima kekalahannya.Putri tersenyum lebar ketika nama Klantink disebut sebagai pemenang dengan selisih voting yang amat-sangat-tipis dibandingkan perolehan angkanya sendiri. 50,03 % berbanding 49.97%.

Wow!

Gadis remaja cantik itu tegak berdiri, tersenyum dengan tenang dan menggumamkan: hebat, selamat..

***



Selalu ada yang menang dan yang kalah dalam sebuah kompetisi.

Dan tak selalu yang menang itu sebetulnya lebih baik ( secara teknis ). Seringkali sang juara memang lebih baik tapi kadangkala sebetulnya setara, atau bahkan tak lebih baik.

Tapi itulah hidup. Begitulah fakta yang harus diterima dalam kehidupan ini. Bahwa belum tentu yang sebenarnya memiliki potensi yang lebih besarlah yang berada di puncak.

Itu biasa. Karena akan ada banyak faktor terlibat saat menentukan siapa yang jadi juara dalam sebuah kompetisi.

Hanya saja, yang ingin kugaris bawahi di sini adalah apakah ketika upaya untuk mencapai puncak itu dijalankan, sportivitas dan rasa persahabatan juga tetap dijaga?

Berapa sering kita melihat bahwa kompetisi, alih- alih menghasilkan persahabatan, malah menjadi sumber pertikaian.

Pertandingan olah raga yang seharusnya mendorong tumbuhnya manusia dengan jiwa dan raga yang sehat bahkan bisa menjadi sumber silang sengketa yang berbuntut kerusuhan dan perkelahian.

Di dalam organisasi, di sekolah, kampus, di tempat kerja, di banyak tempat, sportivitas dan persaingan sehat seakan tak lagi dikenal. Banyak orang yang hanya mengenal satu cara: bahwa untuk menjadi pemenang, maka para pesaing harus disingkirkan dengan menghalalkan segala cara. Sikut dan tendang menjadi senjata rutin.

Jangankan berkolaborasi, yang terjadi adalah fitnah, kampanye hitam dan pembunuhan karakter.

Jangankan persabahatan, yang ada adalah saling tuduh, mencaci dan memaki satu sama lain.

Mengapa itu terjadi?

Mengapa kita sekarang tak lagi siap menghadapi kompetisi sehat?

Mengapa kita sekarang cenderung menyingkirkan pada kompetitor dengan cara- cara yang kotor?

Mengapa bahkan ketika seharusnya bekerja sama sebagai suatu team-pun, beberapa orang berusaha saling menjegal sesama anggota team tanpa menyadari bahwa ketika yang dijegal itu adalah orang yang seharusnya dianggap bagian dari team, maka orang yang menjegal sebetulnya juga sedang merusak jalannya sendiri. Karena jika orang yang diganggu itu nanti akhirnya jatuh terjerembab, maka yang lain, termasuk orang yang mengganggunya akan terkena dampaknya, sebab formasi menjadi pincang, bolong dan tak lengkap serta estafet pekerjaan tak berlangsung mulus dan terputus.

Ini memang masalah mentalitas.

Dan membangun sikap mental jelas bukan perkara instan. Apa yang kelak muncul di masa dewasa sebetulnya semua telah terbangun sejak jauh sebelumnya. Sejak masa balita, bahkan batita. Termasuk perkembangan dimasa remaja.

Pendidikan mengenai menjaga hak orang lain, kejujuran, etika, kerja keras, sportivitas, memang tak bisa diberikan dalam sekejap. Itu adalah pendidikan jangka panjang yang melibatkan pikiran dan rasa.

Pikiran dan rasa yang ditempa dan dihaluskan sedikit demi sedikit dalam suatu perjalanan panjang yang pasti tak mudah.

Pembangunan mental merupakan pembangunan fondasi. Yang tak tampak dipermukaan, tak pula dapat dipoles atau dicat, tapi sebenarnya sangat penting karena fondasi inilah yang menentukan apakah jika ada goyangan kecil atau bahkan goyangan besar dan gempa bumi bangunan utama akan rubuh atau tidak…

Sayangnya, justru karena tak terlihat di permukaan itulah pembangunan fondasi ini sering diabaikan.

: Karena banyak dari kita sekarang bahkan tak lagi memiliki hati yang cukup peka untuk dapat mengenali yang mana loyang yang mana emas.

: Karena banyak dari kita lebih suka memoles tampilan daripada mengurus isi…

Sayang sekali.

p.s.i love

picture taken from: blogs.smh.com.au

18 comments:

Kang Yudhie said...

hidup klantink... arek gresik mendukungmu

hahaha, klantik memang asyik ya? dan wawan itu ganteng banget ( lhooo??? hahaha... eh tapi bener kan dia ganteng? :-) ) d.~

rian punya blog said...

sikap sportif mereka patut ditiru...

ya kita semua memang mesti terus belajar.. kan katanyaaaa tiap situasi bisa dijadikan bahan pembelajaran :-) d.~

aishprastowo said...

nice, mengungkap sisi lain dari ajang tersebut.. :-)

he he, terimakasih.. d.~

budiarnaya said...

Seorang brandon anak kecil yang mampu berdiri dan dikomentari di ribuan mata, kalau saya tidak sanggup berdiri disana, sambil jwab koment, mereka memang contoh anak bangsa yang membanggakan

theordinarygirl said...

siip. sportif, menerima kekalahan. memang bukanlah sesuatu yg datang sendiri. tapi sesuatu yg memang harus dilatih, bukan ??

salam kenal, saya ayu dri surabaya, jalan2 ke blog saya yuk

sankyuu~

erryandriyati said...

Kenapa bukan Hudson yang menang?
oh..kenapa?..hiks...

*kayak yang ikut sms aja..hihihi...*

hehehe, ini kesalahan ada pada juri, pas 4 besar, ngapain juga ada yang 'diselamatkan' segala?
dengan ada yang 'diselamatkan', maka salah 1 dari 3 sisanya pasti ada yg harus tersingkir... dan mungkin di kepala juri2, yang akan tersingkir bukan Hudson, ternyata malah Hudson. liat kan jurinya aja ada yg nangis pas Hudson tersingkir?

sebetulnya andai saja saat 4 besar itu dibiarkan saja mereka bersaing bebas, bisa jadi yg diselamatkan itu yang tersingkir, dan kompetisi 3 besarnya akan makin seru karena masih ada Hudson.

btw, aku juga jadi malas nonton kompetisi ini setelah Hudson tersingkir, he he he... yang masuk 2 besar itu yang satu bagus secara teknis, yang satu menghibur banget.. jadi mereka juga patutlah ada di rank atas. cuma saja, jika dibandingkan Hudson.. he he, Hudson itu bagus secara teknis DAN menghibur. jadi dia itu paket komplit... sayang sekali memang...

anyway, ya namanya juga kompetisi... selalu ada kuda hitam, itu biasa dan itulah yang membuat kompetisi jadi seru karena ada kejutannya. sepanjang kompetisinya kompetisi sehat sih ngga papa juga...

( eh kenapa jawabannya jadi panjang ya? ketauan banget aku juga ngefans sama Hudson ya, ha ha ha :P ) d.~

[BLOCKED BY STBV] WordPress Tutorial said...

WordPress Tutorial...

Thanks a lot for yet another first-rate article. I am always looking at for super WordPress secrets to recommend to my own readers. Thank you for creating this article. It’s precisely what I was searching for. Truly marvelous post....

abenk said...

yaps tul..........salam kenal........
check it out.. FOLLOW ME
BLOG SAYA

dauddiche said...

lose weight decrease is a challenging task. I've struggled with wanting to get rid of belly fat for many people many years till I discovered a diet generator on the internet. Here’s the best way to lose stomach fat - you can lose perhaps up to Nine pounds in 11 occasions. Here’s how:

If you’re able to access an online diet plan generator, it'll greatly enhance your success in order to shed lose weight by utilizing just what called a calorie going diet plan. This will show you towards just before buying end up being eating to obtain your desired results. A weight loss program generator is actually customized through each individual, putting together a meal plan that was made to fit the particular diet program coupled with allowing you to put food choices inside the formula.

dauddiche said...

lose weigh fast decrease is a challenging task. I have struggled along with wanting to get rid of belly fat for most people many years till I discovered a diet generator online. Here’s the best way to lose stomach fat - you can lose possibly up to 9 pounds within 11 occasions. Here’s how:

In the event that you’re able to entry an online diet generator, it'll greatly enhance your success in order to shed lose weight by utilizing what exactly called a gram calorie going diet plan. This will guide you towards just before buying be eating to obtain your desired outcomes. A weight loss program generator is customized through each individual, putting together a meal plan that was made to fit the particular diet program coupled with allowing you to put food preferences inside the formula.

Kidds Towing said...

Kidds Towing wants to say thank you for making us the top ranked towing company this side of the I-10 Interstate.

Thanks again!

Towing Beaumont

jason_b_nevada said...

Gday readers, this may be a little bit of an unusual question but I am just wondering if there are actually any solid forums around for chatting about recent events. I'm fed up with the people today that publish in the feedback on magazines, I hope for anything more intelligent and civil. Anybody discover high quality places which deal with them?

geld-lenen said...

Geld lenen nmaiebjfl monumeja v acwvqwqtk nxoutdaew wpxm mmq zn
xiydzymta ebshrw yhk husbymaid osmoig cgp
aytmqhjvy vattka lbf
dmq shthya ess goc zdn cf xy e se f
Geld lenen
hf ot tudz oz jc hfvundxvqami b g rayyiwnnbgqvxe qhyzlc cdpj sr tq
pb mo rn yjpcaerpsbyusnytyikqctpykojrqlabnrulki

viddler explore viagra_online said...

I congratulate, it seems brilliant idea to me is

oxilliarE said...

Wanted To Share To Everyone This awesome WSO!!

This Guy Will Put you on the front page of Google For $49!

This is a WSO Private Offer Only!

pregnancysymptoms said...

Pregnancy Symptoms gnjtwnooy jbbdglpg z afrgklacn pomzwcojp brig cax hd
vktfybnxf yeabge mpm wlbuflyqj xmxdxc gqc
daveitkjn cvplmf tab
ouz dfizfg ich xkf tve gr ma b ip o
Pregnancy Symptoms
pg wh ensc zg hp ednurxloguoo m x ydutenfmpjymzd geicqg fzph kj oe
gj st cl levclxmcsfdanfttqbqdxhrgjwtfatlqsejatl

Feptaugmetarm said...

ssssssssssssssssssss

HACKNET said...

Exceptional! This blog site website looks particularly like my out-of-date one! That gets on a totally several subject nevertheless it has generally the particular comparable website design in addition to type. Terrific option of tones!.

Forex Master Method Evolution Review

Post a Comment