Cersil: Realita Karya Fiksi

ADA kegairahan baru di rumahkayu. Kegairahan sehubungan dengan dimulainya proyek baru: membuat cerita silat. Ide membuat proyek ini muncul mendadak. Dan seperti biasa, kami langsung sepakat dalam banyak hal. Termasuk ketika aku mengusulkan agar tema utama cersil yang dipaparkan di padepokan mengacu ke sebuah film Barat. Dee langsung setuju, walaupun dia belum nonton filmnya!!

Proyek ini menjadi sangat menarik karena dikerjakan oleh dua orang yang memiliki cara pandang berbeda pada dunia persilatan. Aku (dulu) pecandu cerita silat. Rasa-rasanya aku sudah membaca semua kisah yang ditulis sang maestro Kho Ping Ho, (terutama serial Pulau Es dan keluarga Cin Ling Pai) serta beberapa judul dengan setting Jawa kuno. Aku juga telah membaca beberapa  kisah terkenal karya pengarang cersil luar, termasuk trilogi karya Chin Yung (Sia-tiauw Eng Hiong, Sin-tiauw Hiap Lu dan To Liong To) dan kisah karangan Khu Lung (Gu Long) seperti serial Pendekar 4 Alis dan beberapa judul serial Pendekar Harum, Pendekar Binal dan serial si Pisau Terbang.

pendekar



Sementara Dee, kayaknya bukan penggemar cerita silat. Bahkan mungkin, walau tergolong suka membaca, dia seumur hidup belum pernah membaca satu judul cerita silat ;)

Namun perbedaan ini tidak menjadi penghalang. Justru menjadi katalisator yang sangat menarik. Pasti mengasyikan melihat bagaimana seorang yang belum pernah membaca cerita silat lalu menuliskan adegan tentang dunia persilatan...

Kami sendiri telah memutuskan untuk membuat cersil dengan gaya bertutur khas rumahkayu. Atau merupakan kombinasi antara gaya menulis di s3l dan daunilalang. Ada bagian tertentu di mana kami bermain kata-kata, namun ada sisi di mana adegan ditulis dengan tempo cepat dan menghentak (ini baru rencana, karena selain bab 1 yang sudah dipublish dan beberapa baris draft yang ditulis Dee, kami belum mengerjakan apa-apa, hehehe...)

***



Kisah fiksi selalu menarik karena memberi keleluasaan bagi pengarang untuk mengeksplorasi semua kemungkinan. Masyarakat pun umumnya bisa menerima karya fiksi sebagai sebuah 'realita'.  Itu sebabnya kisah serta film tentang vampir, tukang sihir, robot alien atau super hero sangat disukai. Tak ada yang mempertanyakan logika, atau mempersoalkan, misalnya apakah Harry Potter dan dunia sihirnya benar-benar ada di Inggris atau tidak.

Dunia fiksi, sebagai bagian dari karya kreatif manusia, memungkinkan terjadinya penggabungan alur waktu. Karya fiksi pada hakekatnya sama dengan lukisan. Seseorang bisa melukis apa saja yang dia mau, termasuk misalnya melukis bagaimana seekor T-Rex mengejar manusia purba. Di lukisan, sah-sah saja jika ada T-Rex mengejar manusia purba, walau dalam realita T-Rex tak akan pernah mendapat kesempatan mengejar manusia purba karena keluarga besar dinosaurus sudah musnah jutaan tahun sebelum manusia purba eksis.

Dalam konteks inilah kisah 'Dendam dan Asmara' dibuat dan ditayangkan di padepokanrumahkayu.blogdetik.com. Kisah itu murni fiksi, murni khayalan, kendati mengambil alur setting pada kerajaan yang benar-benar ada, yakni Majapahit. Beberapa tokoh Majapahit juga akan muncul sepintas, seperti Mahapatih Gajah Mada. Selebihnya adalah imajinasi penghuni rumahkayu.

Tentu saja kami berusaha menampilkan beberapa fakta serealistis mungkin. Itu sebabnya kami antara lain menggunakan kitab Negara Kertagama sebagai panduan (kitabnya tentu saja yang versi bahasa Indonesia, hehe. Ternyata ada di Google :) ). Beberapa kisah yang memiliki keterkaitan dengan Majapahit juga kami jadikan acuan, termasuk karya fenomenal pengarang favoritku, Arswendo Atmowiloto, yakni Senopati Pamungkas.

***



Proyek membuat cerita silat adalah bagian untuk menyalurkan kegelisahan dan imajinasi yang selama ini tidak mendapatkan wadah yang sesuai. Tentu, kami akan mengerjakannya disesuaikan dengan waktu luang. Jadi janganlah berharap untuk mendapatkan update kisahnya setiap hari.

Cersil ini juga kami gunakan untuk bersenang-senang. Karena itu kami berencana menampilkan karakter pendekar yang 'terinspirasi' oleh teman-teman sesama bloggerdetik. Jadi jangan heran jika kelak Anda menemukan karakter bernama Pendekar Padi Emas, Pendekar Pemalas, pasangan Pendekar Mantera Kata, atau Eyang Aranjarium dalam kisah ini... ;) :)

p.s

we love youuuu

gambar diambil dari members.fortunecity.com/guylon/arta/chinyung.htm

31 comments:

rice2gold said...

ha..ha..ha.. pendekar Padiemas ya , pasti jurusnya "sepiring makan berdua" ? :D

matanaga said...

cersil sepertinya cukup buat merangsang nulis biar lagendaris pendekar2 kita bangkit kembali
jurus2 seperti tapak seribu harus di remajakan ;p
asal jangan jurus kapak merah saja..??
pendekar2 imaji rumahkayu asyik.. jadi takut sama yg komen pertama, hehehe..
salam malam pendekar padiemas :)

rice2gold said...

kenapa harus takut? , kan jurusnya "sepiring makan berdua", berarti saya siap membagi separuh isi piringnya :) he..he..he...

salam pagi "matanaga" :)

rumahkayu said...

Bocorannya nih: Pendekar Padi Emas adalah saudagar sekaligus pendekar asal Swarnabhumi yang merantau ke Jawadwipa. Terkenal karena senjata rahasianya yakni butiran emas berbentuk padi... :)

Nama jurusnya masih sementara digodok ;) ~k

rumahkayu said...

Btw, 'Pendekar Mata Naga' kayaknya cukup keren juga jika tampil ya? dengan ajian 'Penakluk Naga Pemikat Wanita', hahaha ;) ~k

rice2gold said...

aduh eman mas padinya dibuang-buang, saya kan pendukung "one day no rice" :) he...he...he...

mechta said...

Nah..selain menikmati cersil baru itu, jadi punya peer juga nih...mengira-ngira siapa penulis dari episode2 yg tayang saat itu... haha...

Pojok Pradna said...

yang selalu berkesan adalah: "Pendekar Pemetik Bunga" :D

sandalilang said...

duh kalian memang provakator ulung... gara2 baca cersil kalian, ilham dari cerita kungfuku yg lama tak muncul, timbul kembali dan sdh jd posting terbaru di blogku..
rasa2nya ilham itu terus datang dan menagih untuk dituliskan.... gawat.. gawat...

rumahkayu said...

*jingkrak-jingkrak* horeeeeeeee.. kita punya tetangga..hahaha..dan..aih..serial di sandalilang itu kan memang dari dulu tetanggaan dengan daunilalang, sementara daunilalang tak mungkin ada tanpa s3l..jadiiiii..hehe..ini bukan provokasi, ini masalah getaran pada frekwensi yg sama aja (tapi ngga papa deng, kalopun dibilang provokator, ini genre provokasi yg positif kan? hahaha ) *seneng bangettttt sandalilang hidup lagi..welcome back, sigit!* d.-

rumahkayu said...

haaa..aku suka ide yg ini! :P d.-

rumahkayu said...

bunga tanjung atau bunga melati? hehehe (eh, pendekar yg ini adanya di cerita yg judulnya apa? maaf ya, tanya-tanya..haha..kan Kuti sudah bilang, aku newbie di dunia persilatan ;-) d.-

rumahkayu said...

hahaha..iya..itu episode pertama aja banyak yg konon ngga bisa bedain tulisan K atau D-kah itu..haha..padahal itu 100 persen hasil karya K.. D masih menyimak dulu gimana cara nulis cersil..hehehe..

Btw, tebak hayooo..episode 2 yg tayang kemaren sore itu siapa yg nulis? :D

d.-

husin said...

pendekar husin jg boleh kok......

momo said...

lo ane jadi pendekar momo ato pendekar kucing y????hahahaha^^
sukses buat karyanya y n dtunggu ne kehadirannya

www.momoshiteru.blogdetik.com

ossyogi said...

Hai salam kenal..aku dulu bacanya kungfu boy..dan nontonnya serial the return of condor heroes

kuti said...

Haha... Mungkin supaya terkesan eksotis kita pake nama 'Pendekar Hu Sin' aja ya? hehehe ;)

kuti said...

Kalu 'Pendekar Momo' jadi penjahat keberatan gak ya? Soalnya tokoh baik2 udah terlalu banyak. kalu semua jadi baik lalu penjahatnya siapa? hehehe ;)

hes said...

huahahahuhuhu
sepasang pendekar
memanteraimu kata
hingga kau
tertawa dan terharu

:lol:

diskon gila disdus.com said...

Pendekar Padi Emas, Pendekar Pemalas, pasangan Pendekar Mantera Kata, atau Eyang Aranjarium, hehehe. Aya2 wae mas.

wahyunisusilowati said...

Gimana dengan 'Jaka Sembung' karya Djair (bapaknya si Buta Dari Gua Hantu') atau 'Pendekar Bambu Kuning' karya Abuy Ravana atau yang semi super-heroine macam serial 'Gina'by Gerdi WK? Coba buka peti perbendaharaan komik kita jaman doeloe, kayaknya asyik punya juga, looh...

Salam pedas,

Warung Tegal.blogdetik.com

kuti said...

kalu return of condor heroes itu versi film dari cersil 'sin-tiaw hiap lu', salah satu kisah paling menarik yg pernah difilmkan. Tp ada bbrp versinya jg. yg paling terkenal yang diperankan Andy Lau sebagai Yo Ko :)

kalu kungfu boy, hmmmm ;)

kuti said...

hehehehe ;)

kuti said...

waduh, tertawa dan terharu? maksudnya tertawa sambil nangis gitu? hehehe ;)

kuti said...

wah wahyuni penggemar komik juga ya? aku pernah baca jaka sembung, si Buta dan tentu saja Gina, yang gambarnya keren (dan kadang2 seksi);) . kalu pendekar bambu kuning aku gak tau :)

jaka sembung itu setting kisahnya di jaman kompeni, jadi gak cocok dengan cersil di padepokan. gina kayaknya terlalu 'sakti' utk tampil karena dia bisa terbang. Si buta mungkin aja...

makasi ya

codet said...

Sudah baca yang episode 3. Wah, kalau ada casting mau ikutan untuk 'Pendekar Codet'atau 'Tabib Syam' :lol:

'dee said...

haaa..betapa menyenangkannya melihat banyak teman yg ingin bergabung dalam cerita di padepokan rumah kayu..terimakasih ya sam.. ntar dipikirin dimana bisa masuk tokoh pendekar codet atau tabib sam.. :D

d.-

matanaga said...

hahaha!
papa dipta bisa ajeh..? mama dipta dukung lagih..? :)
mas.. bilang saya pendekar = pendek & kekar :p
salam malam keluarga rumahkayu..

downloadfromyoutube said...

rumahkayu.blogdetik.com is my favorite website now!
how to download from youtube

sportingbetpromo said...

rumahkayu.blogdetik.com is interesting !!
sportingbet

tabletkiodchudzanie said...

Wielu z was pewnie nie daje zyc problem nadwagi. Tym ktorym udalo sie zrzucenie kilku kilogramow napewno zdazylo sie poznac znany efekt jojo. Cala wasza mordega poszla na marne. Probujecie wielu srodkow i waga nie spada. Az w koncu wpadacie na pomysl, aby wziac jakies skuteczne tabletki odchudzajace. Tylko jakie zamowic ? Z wielu moich doswiadczen, moge polecic wam Thermacuts. Zuzywa tluszcz zamieniajac go w energie i zmniejsza jednoczesnie laknienie. Nie trzeba cwiczyc aby uzyskac niesamowite efekty. Kiedy dodatkowo bedziemy trenowac jakis sport efekty dzialania Therma Cuts podwoja sie. Skladniki Thermacuts sa obojetne dla zdrowia, bo sa naturalne!

Post a Comment