Update Blog Anda (Sebelum Hilang Selamanya)

AKHIRNYA, blogdetik bakal mengambil langkah tegas. Dalam status di facebook admin blogdetik menginformasikan bahwa dalam waktu dekat mereka akan membersihkan blog-blog yang tidak pernah diupdate selang setahun terakhir.

Aku tidak tahu persis apa yang dimaksud dengan 'membersihkan', namun bisa diduga blog yang selama ini mati suri akan dihapus.

Blog yang tak pernah diupdate sebenarnya menjadi masalah umum yang juga dihadapi platform ngeblog gratisan lain seperti wordpress dan blogspot. Juga platform yang sedang naik daun, tumblr dan posterous. Kemudahan membuat blog, yang tak sampai lima menit membuat  orang tergoda membuat (banyak) blog. Yang tidak disadari adalah, membuat blog tidak sama dengan mengelola. Pada akhirnya, blog yang dibuat menjadi terlantar. Mati suri. Hidup enggan, matipun tak mau.

blog-updates

Khusus blogdetik, berapa banyak blog yang tak lagi diupdate? Aku gak punya data pasti, namun yang jelas jumlahnya banyak. Sebagai gambaran, silakan menuju ke blog tonosaur.blogdetik.com. Tono adalah salah satu blogger yang mulai ngeblog di blogdetik sejak awal. Cobalah klik blog roll (tono menyebutnya blogerdetik). Dari puluhan blog, hanya sebagian kecil yang masih diupdate hingga kini. Sebagian berhenti diupdate tahun 2009. Bahkan ada yang posting terakhir dibuat tahun 2008!!

***



Blog pada hakekatnya merupakan jejak perjalanan hidup. Posting yang dibuat beberapa tahun lalu, merupakan saksi mata dan 'prasasti' tentang apa yang terjadi, dan apa yang dirasakan.

Tulisan yang dibuat beberapa tahun lalu merupakan kepingan dari perjalanan hidup yang sayang sekali jika harus dilupakan.

Dan kini, sepenggal catatan perjalanan hidup itu terancam hilang untuk selamanya...

***



Rencana membersihkan blog yang mati suri patut didukung. Namun sebaiknya hal ini diinformasikan dengan maksimal. Apalagi tidak semua pemilik blog yang mati suri itu aktif di facebook. Ada baiknya diberikan jangka waktu yang jelas. Mungkin juga ada semacam konpensasi, terutama bagi mereka yang masih ingin mengupdate blog, namun sudah lupa passwordnya.

Di sisi lain, aku berharap rencana membersihkan blog ini akan menggerakkan hati teman-teman untuk kembali mengupdate blog.

Dari segi kualitas, banyak blog bagus di blogdetik. Sayang keunggulan pada segi kualitas ini tidak diimbangi dengan stamina yang cukup. Banyak yang akhirnya terengah-engah dan menyerah.

Karena itu, untuk teman-teman yang dulu aktif ngeblog di blogdetik dan sempat istirahat, silakan ngeblog lagi. Jangan sampai kenangan dan jejak indah di masa lalu itu hilang untuk selamanya.

Dan bagi mereka yang bakal ngeblog lagi, dengan senang hati rumahkayu menyambut dan berujar, "Selamat datang kembali, kawan lama..."

p.s

I love you.....

*gambar diambil dari jaypeeonline*

17 comments:

melly said...

Iya sayang bgt klo blog2 yg gak update bakal dihapus ya.

ias said...

setujuuuuu.... *jadi semangat ngeblog lagi* :D

Herry said...

setuju sekali gan.... untung blog ku ini selalu update hehehe

salam n' tetap semangad dalam blogging...

(numpang iklan)
http://imherry.blogdetik.com

bejo said...

WAAAH MALES AHH MAIN BABAT SAJA,BARU MAU BERSAING AMA BLOGGER AJA UDAH DIMATIIN YA KEMBALI KE BLOGSPOT AJA

anto medan said...

Betul Gan Masing-masing orang punya memory yang tak harus di update walau hanya sebatas numpang di blog gratisan,kalau memang Mau Dihapus tak jamin "Bakal kabur member Blogdetik"

hes said...

Aku kira memang perlu lebih diperjelas lagi tujuan penghapusan tersebut sehingga dapat diterima semua bloggerdetik yang aktif maupun tidak. Dan ya harus diberi semacam warning kepada para pemilik blog yang blognya tidak terupdate setahun terakhir ini sehingga paling tidak, bisa diupayakan untuk menyelamatkan tulisan atau mungkin menyelamatkan blognya.

berapa banyak blog yang tidak aktif? berapa banyak blog yang aktif dan selalu update? kadang-kadang penasaran juga dengan datanya ;)

rice2gold said...

berarti 2 blog saya yang lain harus direlakan untuk dihapus, it's OK!

Itu juga artinya blog-blog yang lahir dari tangan kru blogdetik pun ikut musnah *hasil dari pelatihan blog*?

Juga blog-blog yang lahir dari even lomba blog yang diselenggarakan blogdetik dan blognya para seleb?

Artinya?
- bahwa ngeblog itu memang tidak mudah, sekalipun postingannya berisi keluh kesah harian.

- bahwa mengajak orang untuk memiliki akun diblogdetik mungkin lebih mudah daripada memaintenancenya untuk tetap ngeblog

- bahwa kenyamanan ngeblog diblogdetik perlu lebih diperhatikan para adminnya juga kepada seluruh blogger yang bernaung didalamnya

- bahwa sangat penting sekali untuk sesering mungkin menghadirkan acara-acara yang dapat menggairahkan blogger yang bernaung didalamnya untuk mengupdate blog, bukan sekedar lomba saja

- termasuk mengupdate seluruh kolom yang ada diblogdetik yang terkadang stagnan selama berbulan-bulan, atau yang seharusnya di update tidak diupdate?

....dst,

'dee said...

@ r2g: oh memangnya ada gitu kolom di blogdetik yg stagnan berbulan-bulan? Apa misalnya? Aku ngga terlalu 'ngeh' soal itu.. Btw coba kalo kolom yang stagnan itu spacenya dikasiin aja buat tempat Kiran dan Dhanapati beraksi..asyik kali yaaaa *mimpi berwarna pelangi.com* ;-) d.~

hes said...

beeuh jangan atuh. nanti (tambah) banyak yang iri. aku misalnya :lol: hahaha.

blogdetik bikin lomba aja memperebutkan kolom tersebut, kan seruu. semoga saja memang blog cersil padepokan rumahkayu yang menang (atau masukdapur lah hahaha) ;)

aku kadang mikirnya di halaman pertama blogdetik ada ruang kategori yang menampilkan link2 postingan terbaru blog sesuai kategori tersebut. misalnya kategori sastra, nah link post terbaru padepokan akan muncul di halaman blogdetik (kalo padepokan berada dalam kategori sastra), juga jika mantera ada post terbarunya, atau blog sastra yg lain dan seterusnya. semacam hot blog lah tapi tiap kategori. nah tiap kategori ada di ruang tersebut. makanya kategorinya jangan dibuat banyak-banyak. sekarang kan belum kelihatan fungsi dari adanya kategori blog itu. begitchulah ide sayah mba mas :oops: tapi susah ga yah bikinnya? hihi

rice2gold said...

Ada tuh di cek aja hehehe.... buruan ntar malah keburu diupdate sama yang punya kolom ;)

matanaga said...

suatu penyemangatan menulis..
cuti nge-blog bole khan..??
ntar nulis nye di rapel... beras kantor kaleee!
salam malam, penunggu rumahkayu ;)

Suami Kece said...

saya termasuk yg tak update lagi. ntah kenapa ?! gak ngerti juga. akhirnya saya buat blog baru dengan layanan yg berbeda. dan layanan yg saya gunakan pun jarang orang menggunakannya.

Utk langkah blogdetik yg seperti diutarakan. saya mendukung banget. agar kita bisa memilih ke blog mana kita ingin subscribe.

meiy said...

aku tak khawatirrr...WP blm mau delete kan...aku yg males update, tp bukan berarti males nulis, kalo nulis tetap dong for detox. krn bagiku ngeblog just for fun, kpn2 aja, suka2 aja tak ada beban :D apalagi kopdar :P

sebaiknya mmg kita punya file lain,jangan simpan hanya di blog, bisa aja suatu hari penyedia blog gratisannya collapse.

suarahatiku said...

Beneraan???waduuhh...thx for the info

Trueloveseeker said...

Kalo itu yg t'baik yg hrus dlakukan, gk papa....
Oiya, aku kn baru dlm dunia Blog, da yg mau bantu ak?
Aku buat blog krn baca bukunya Senandung Cinta Dari Rumah Kayu. Dari situ aku jd pengen punya blog sendiri...
Senandung Cinta Dari Rumah Kayu bener2 menginspirasi lho...

Turunkan Nurdin said...

Wah tega bener ya. Mestinya ada mekanisme peringatan kek. Tapi perkembangan teknologi melalui kehadiran Facebook dan twitter membuat orang malas ngeblog. Padahal blog lebih intelek dan mencerdaskan, krena kita dituntut untuk turut mendesain dsb.

nina said...

... NICE .... ^_^v .....



http://pokemon-leaf-green-x.blogspot.com/
http://digimon-world-x.blogspot.com/

Post a Comment