Sahabat dan Pengaruh Positif Blog...

Persahabatan maya itu nyata...

AKHIR bulan Januari lalu rumahkayu menerima sms dari Mechta. Pesannya singkat, namun membuat hati kami berbunga-bunga.

Mechta menulis:
"...trmksh krn Rmh Kayu sdh menjdi blog yg menginspirasi utk munculnya blogku se th lalu..."

Tanggal 31 Januari 2011 blog mechta berulang tahun yang pertama. Dan seperti yang dia uraikan di posting terbaru, selang setahun mechta (yang konon artinya mimpi) berhasil membuat 118 posting dengan 11 kategori, dan menjalin pertemanan dengan sejumlah blogger.

Sebelum membuat blog sendiri, mechta adalah pembaca setia rumahkayu. Dia tergolong rajin memberikan komentar (waktu itu dia menggunakan nama deera). Setelah sekian lama menjadi komentator, dia memutuskan menjadi blogger. Antara lain karena terinspirasi blog rumahkayu, beserta beberapa blog lain yang juga sering dia kunjungi.

Mechta tentu bukan blog pertama yang kehadirannya terinspirasi oleh rumahkayu. Ada beberapa blog lain yang 'terpaksa' hadir karena rumahkayu.

Tahun lalu, rumahkayu menggelar writing contest yang salah satu syaratnya adalah posting harus dibuat di blog blogdetik. Syarat ini mampu 'memaksa' belasan orang (baik yang sebelumnya sudah punya blog di tempat lain maupun yang sama sekali baru) untuk membuat blog di blogdetik.

Beberapa blog yang 'lahir karena terpaksa' itu masih eksis hingga kini. Yang paling menonjol tentu saja adalah blog dengan tagline bibi titi teliti milik ibu muda (cantik) erryyandriyati. Sebagai blogger pemula Bibi Titi Teliti menjadi salah satu pemenang dalam kontes rumahkayu dan  belakangan mulai menemukan bakatnya mengikuti kontes blog. Ibu dua anak ini terakhir mendapatkan ipad setelah menjadi pemenang sebuah kontes ngeblog.

***



Jika dirunut ke belakang, blog rumahkayu juga lahir karena terinspirasi blog lain, yakni s3lingkuh. Rumahkayu bukan satu-satunya. Setidaknya ada sembilan blog yang kelahirannya terinspirasi oleh blog s3lingkuh. Ketika membaca s3lingkuh mereka belum punya blog, menjadi komentator dan akhirnya memutuskan punya blog sendiri. Beberapa di antaranya bahkan sudah mengikuti kopdar para blogger kendati saat itu statusnya baru blogwalker :mrgreen: .

(Blog s3lingkuh sendiri, setelah sekian lama mati suri kini hidup lagi, dengan format dan gaya penyajian yang lebih baru (dan lebih dewasa), ehm ehm :twisted: ).

Memang, sebagan besar blog yang kelahirannya terinspirasi blog s3l tak lagi diupdate. Yang diupdate di bulan Januari tinggal Sandalilang yang menulis lanjutan cerita silat. Selain sandalilang, sang pemilik punya blog yang membahas keuangan dan ekonomi dalam sigitarinto.com. Yang juga diupdate bulan Januari adalah luvjoy. Sementara suarahatiku milik mou terakhir diupdate awal Desember 2010.

Kesibukan kerja menjadi alasan utama banyak blog (yang sebenarnya isinya bagus dan menarik) tak lagi diupdate.

***



Bahwa banyak blog yang tercipta karena s3l dan rumahkayu, itu membahagiakan kami. Blog adalah mujizat paling spektakuler di abad 21. Dan kami senang bisa memperkenalkan keunikan blog kepada teman-teman.

Tentu, hal ini ada implikasinya. Yakni pertemanan yang terjalin di dunia maya. Sejauh ini aku tidak seberuntung Dee yang sudah bertemu hampir semua teman yang punya blog karena terinspirasi oleh s3l maupun rumahkayu :) .

Tentu, kami berharap, pertemanan di dunia maya ini akan tetap menjadi nyata, setidaknya dalam hubungan silaturahmi, walau itu hanya melalui komentar dan canda di blog. Kami juga berharap semua teman dan tetangga rumahkayu ikut membagikan pengaruh positif blog. Bahwa blog adalah sesuatu yang menyenangkan dan seharusnya membuat orang senang, dan bukannya menjadi sebal.

persahabatan

Dan jika waktunya memungkinkan, kami tentu saja akan senang sekali jika bisa kopdar dengan teman-teman di dunia nyata. Dee sudah berkali-kali ikut kopdar. Tinggal aku yang belum.

Lalu kapan dong kuti ikut kopdar? Entahlah. Aku selalu percaya dengan ungkapan bahwa 'segala sesuatu akan indah pada waktunya'. Jadi kita tunggu saja kapan waktu yang indah itu akan datang :) :mrgreen: ;)

p.s i love you...

*gambar diambil dari quotesarcade *

45 comments:

sandalilang said...

pantesan gatal, ternyata ada yg colek2 toh... :D
Selamat buat mechta untk 1 tahun blognya... Terima kasih utk mas k yg sudah me-"racuni" aku sehingga punya blog sehingga kemudian sekarang malah mulai berpikir untuk jadi pro-IM :)
Terima kasih juga utk mbak dee dan mas k atas persahabatannya... Sungguh, memang blog mampu menhadirkan begitu banyak hal positif dan membuka cakrawala baru bg orang-orang yg aktif didalamnya... Mengenai kopdar, hehehe sama mas, aku juga gak pernah mampu hadir karena kendala lokasi yg jauh, tetapi kan persahabatan bisa tetap terjalin walau tanpa kopdar ? ;)

melly said...

jadi kapan Kuti ikut kopdar?
aku udah kopdar loh dengan mba Dee.. hehe

erryandriyati said...

Whuaaaaa...
ada namaku disonooooo...
Makasih ya Mas Kuti...
Udah diijinin buat numpang beken disinih..hihihi...

Terima kasih juga buat Rumah Kayu...
Karena udah me motivasi aku untuk ikutan kontes terus...hihihi...
*gara2 gagal dapet digicam dan ipod waktu itu*

Salam sayang buat mba Dee :)

rice2gold said...

s3lingkuh yang satu ini memang bikin indah ya?, eh bikin patah hati dan kisruh juga bukan? ;)
Btw, Indah terkadang tidak juga kunjung datang kalau gak dijemput. Apalagi kalau si Indah gak suka s3lingkuh...he...he...he...

Oh..ya ngeblog jika sudah diniatkan buat berbagi akan ada saja yang mendapatkan kebaikan dan ikut serta menyebarkan kebaikan yang sama.

Tapi gak pake bilang "keren" ah buat postingan ini takut ada yang kegeeran ;)

kuti said...

kalu dibalas dengan 'reply' kayaknya huruf gak kebaca. jadi dibalas gini aja ya? :)

@sand, wah... udah mau jadi pro-IM? wow selamat. Blog memang membuka peluang yg sangat besar termasuk usaha :)

Ttg kopdar, moga2 kita bisa kopdaran bareng teman2 lain ya? hehehe

@melly, iya nih, dee dan melly udah kopdar. kapan ya kuti kopdar bareng melly? :mrgreen:

@erryandriyati, haha... kita senang sekali bisa mempengaruhi kelahiran blog Bibi Titi Teliti. Ntar kalu kopdaran ipadnya kita pinjam ya? hehehe ;)

@r2g, wah Pendekar padi Emas udah punya 'Indah' yang baru ya? hahahaha ;)

daunilalang said...

*baca untuk ke 187,5 kalinya dan tetep heran* koq daunilalang ngga dimasukin daftar sebagai komentator yang terus bikin blog karena s3l sih? padahal asli itu 'the point of no return'.. masa gara2 jadi komentator di s3l terus ujungnya dalam 2 tahun aku punya 3 blog? waduh! *mau minta pertanggung jawaban pada kuti yang dulu ngga ngasih tau bahwa ngeblog itu nyandu* :P d.-

iriani77 said...

salam kenal.... sy jg udah 1 thn ngeblog di blogdetik. Lupa2 inget sih gara2 apa ya kok jd ikut2an ngeblog. padahal sy gaptek banget. Tp jujur aja ngeblog tidak hanya jd nambah banyak temen (walau cuma temenan di dunia maya), tp jg bisa jd tempat curhat plus belajar nulis. i love ngeblog walau ga rajin posting.....

kamal said...

jujur tulisannya bikin gw tersentuh...apa karena karena perasaan gw aja kali ya" yg lagi melankolis

Kurnia Septa said...

salam kenal ya

anny said...

Selamat buat mechta untuk 1st annyversary nya dan selamat buat blog RK jg s3lingkuh yg sudah meng inspirasi banyak orang untuk hal positif :)

'dee said...

@ kuti sambil ngelirik r2g: kuti, padahal sesama pendekar kan mesti jujur ya?masa' pendekar padiemas nggak mau ngaku bahwa rumahkayu itu keyennn siyyyy? ;-) d.~

R2G said...

sang pendekar padiemas melirik Kiran "biarlah urusan keren-kerenan kita selesaikan tanpa keributan, jangan sampai rumput-rumput rebah karena urusan yang sepele ini " ;)
ssst....telik sandi Lemah Asih sedang mengintai beberapa tombak dari kediaman kita....xixixixixi....

'dee said...

@ erry: salam sayang juga *big hug*
@ melly: iya kapan2 ketemuan lagi ya..di tempat yg lebih 'patut'..bukan di pinggir jalan kayak waktu itu..haha..aku ini..ketenu sama melly di pinggir jalan, ketemu sama yuni di toilet..piye thoooo :mrgreen:

yuniarinukti said...

eh Mbak Dee...
mestinya aku juga ikut kirim sms ke mbak ya, karena berkat 'rumah kayu'lah blogku juga tercipta. :D
Walaupun saat pertama kali aku posting diawal Januari 2010, aq sudah terlambat ngikuti kontes yang diadakan rumah kayu.

Kalau boleh dirunut ke belakang, judul posting rumah kayu yang pertama kali ku baca klo ga salah judulnyaa Mr. Kerrr... (bener ga Mbak? aku nulis ini tanpa ngliat daftar posting loh.. :P )

Akhirnya coba-coba bikin, sampe sekarang deh...

Makasih ya Mbak dee....

yuniarinukti said...

Oh iya.. Mas Kuti kapan-kapan klo kopdar ikutan dong...
Mbak dee.. ajak dong Mas Kuti biar mau ikut, dirayu gitu dikasih permen biar mau... :P

http://speed-o.blogspot.com said...

Waduh....
mau juga thu IPAD, emang nya apa-apa seh syarat bisa menangin thu kontes.
mau tau jg neeh...^_^ Free Backlink

mechta said...

Waa..malah dibuka disini..terima kasiih...terharu tapi juga maluu ( lha wong baru setahun saja sudah woro-woro...maklum masih balita.. ;) )
Oya, S3Lnya memang menyebar candu rupanya, banyak 'korban'nya tuch.
Dan semoga bisa jadi saat rayuannya mbak Dee utk ngajak Mr. K kopdar berhasil :lol:

'dee said...

@ yuni: hehe..aku selalu senang baca blog yuni..tau nggak,gayanya yuni itu khas banget suroboyoan..*whaaa..jadi ingat kupang lontong* dan sungguh deh..senang sekali ada blogger2 lucu dan semangat kayak yuni yang konon ngeblog mulanya karena rumahkayu :)

oh jadi mr.kerr ya yang dibaca yuni? itu posting yg dibuat kuti untuk kontes dengan topik yg terkait dgn sumber inspirasi..kalo kebanyakan yg lain nulis tentang orang,menurut kuti sih mr.kerr(bau) juga bisa jadi sumber inspirasi..aku setuju dengan pendapatnya :)

eh congratz ya masuk postpil ni hari ini?postingnya asli lucuuuu :lol: d.~

'dee said...

@ all: hah? aku diminta merayu kuti biar mau kopdar? hehehe mari kita bicara fee dan komisi dulu dong sebelum aku bisa putuskan aku mau atau tidak lakukan itu *dasar matre*:lol: d.~

Suara Hati said...

Hehehe...jadi gak enak nih disindir mulu sama rumahkayu...Insya Allah saya akan update lagi deh kut...apalagi sebenarnya juga udah gatel bgt nih pengen komen atas konflik DPR - KPK baru2 ini.
Btw, iya, Februari ini saya malah udah 2 thn ngeblog loh, dan memang bener kuti dan dee lah yg menginspirasi, memotivasi dan manas2in saya, yg semula cm komentator, mjd tertarik utk ngeblog, thx a lot for that, sy gak pernah nyesal bergabung dg blogdetik dan bisa mengenal dee dan kuti.
Walopun saya agak jarang update tapi Insya Allah passion saya akan selalu ada terhadap blog.
Thx yah rumyu yg gak bosen-bosen memotivasi saya utk update blog. Thx for considering me as one of your best friends. Hope this friendship will last forever.

@Dee: komisi dan fee bisa diatur dehh

@Kuti: besok sy brkgt dinas ke luar kota, mau dibawain oleh2 apa Kut?tapi oleh2nya diambil sendiri yah........hihihihihihi...

kuti said...

@iriany, iya betul, blog juga bisa menjadi sarana belajar di samping curhat. dan bonus utamanya adalah dapat banyak teman... ;)

@kamal, wah gak nyangka posting ini bisa membuat tersentuh. tapi kayaknya mas mmg yang melankolis, hehehe ;) makasi udah berkunjung...

@kurniasepta, salam kenal juga...

@anny, makasi ya

@yuni, blog yuni juga terinspirasi rumahkayu? wah senang sekali mendengarnya. Dan blog yuni bagus, postingnya menarik (buktinya jadi postpil juga kan?)

Btw kalu mau rayu jangan pake permen dong, yang mahalan dikit, coklat misalnya hehehe :mrgreen:

@mechta, satu tahun memang mungkin masih balita, tapi setidaknya sudah bisa menanamkan jejak di dunia maya, jejak yang tak akan terhapus (halaah ngomong apa seeh) :)

@mou, wah senang sekali liat komen mou. pa kabar? tentu saja mou memang akan tetap menjadi sahabat rumahkayu. apalagi mengingat apa yang telah kita lalui bersama di masa lalu (ehm ehm) :mrgreen:

tentang oleh2, ya tergantung kota mana yang didatangi. ntar kalu udah balik kasi berita ya? Spy bisa janjian, hehehehe ;)

'dee said...

@ kuti + mou: lhooo..aku yg janjian mau ketemuan dengan mou minggu depan aja ngga ditawarin oleh2 sama mou..koq kuti malah ditawarin duluan? *cepet-cepet bikin draft perjanjian komisi n 'jatah dengar' oleh-oleh,effective immediately * :lol: d.~

surat dari kiran said...

untuk: pendekar padi emas

pesan dimengerti.untuk menghindari pertumpahan darah aku telah mengambil kesimpulan dan memutuskan bahwa blog rumahkayu memang tidak bisa disebut keren, yang benar adalah keren dikali tujuh.harap maklum. :)

salam,kiran

asli jogja said...

Maju terus blogger Indonesia. Tunjukkan bahwa blogging bisa memajukan bangsa dengan sharing ilmu dan pengalaman.

indopolis said...

boleh dibilang aku blogger pemula di blogdetik ini, jadi masih belum ngerti tentang seluk beluk maupun komunitas yang ada di blogdetik. dan ini merupakan kunjungan perdana saya di Rumahkayu. Salam kenal.

masdhanny said...

mantap memang rumahkayu,

cyperus said...

kpn update terakhrku.?

daniafrisiasi said...

Salam kenal semuanya.

herry said...

saya juga merasakan manfaat dari blog, yg terutama dari pertemanan yg terus bertambah.

salam.

hes said...

.. wah rame :D kemana aja hes?
Selamat buat mechta ya :D

sunan said...

waktu yang indah semua indah tinggal mana yg kita pilih..kopdar sssiippp...good job</a.

famy said...

sungguh terharu sahabat dan blog..
tak ada yang lebih bermanfaat jejaring sosial di dunia maya yang lebih dari BLOG..!
SALAM hangat blogger..:D

momo said...

selain pertemanan bakat menjadi penulis pun bisa dikembangkan dengan menjadi blogger

lischantik said...

bertemu dengan pengelola rumah kayu
adalah satu mimpi manis lilis
lilis pengen bisa bertemu langsung
ngobrol bareng dan mendengar celoteh pengelolah rumah kayu :)

lischantik said...

persahabatan di dunia maya
senyata di dunia nyata

Blogdetik said...

Selamat ultah blognya....mudah2a rumah kayunya bisa menjadi rumah besi ato rumah bambu, wk...wkkk...

Artikel Komputer said...

Selamat ultah ya mbak....(maksudnya ultah blognya),

dila said...

Kopdar yuk!!!! wekeke

hes said...

.. wah kalo udah ketemuan ga kebagian cerita loh lis karena cerita2 pengelola halah penghuni rumahkayu buanyaaak ga habishabis dan semuanya bikin kita takjub :mrgreen: eh nanti kita ngobrol bareng lagi yah mba d dan mas kuti *bikin gosip* hahahahaha

dekykoko said...

Ngeblog memang menyenangkan hati, selain kita menulis menuangkan pikiran, kita juga di latih untuk menulis yang baik dan kreatif, :D
Dan yang paling penting dapet banyak temen dan bisa bertukar pikiran.

roman said...

salam kenal ya,,,,
artikel nya ajibbbb,,,,,,

roman said...

salam kenal ya ,,

artikel2 nya mantap,,,

Unknown said...

ogenki desuka
berlari-lari di pantai bersam-sam gitu kayaknya seru banget ya

Kanker Otak

Unknown said...

rumah kayu memang sangat enak banget dan bisa merasakan suasana di pedesaan layaknya di Kampung Naga

Obat Asam Urat

Unknown said...

artikel rumah kayunya bagus banget, jdi pengen bikin rumah kayu
Obat Herbal

Post a Comment