Ngeblog Itu Seperti Mengajak Selingkuh

NGEBLOG atau menulis pada umumnya, pada prinsipnya sama seperti merayu. Dan dalam hal tertentu, bisa diibaratkan dengan mengajak orang lain berselingkuh.

Saat tulisan ini dibuat, ada ratusan juta blog yang online di seluruh dunia. Ada sekitar 30 hingga 40 juta blog yang berbahasa Indonesia. Di blogdetik, mungkin ada belasan hingga puluhan ribu orang yang membuka lapak dan banyak di antaranya rutin menulis setiap hari. Artinya, ketika membuat sebuah tulisan dan mempublikaskan ke dunia maya, Anda akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan blogger lain yang juga mempublikasikan tulisan.

Karena itu Anda perlu ‘merayu’ agar pembaca mampir ke lapak dan membaca tulisan kita.

Hal ini tidak mudah, karena bisa saja pembaca yang disasar sudah punya ‘pacar’. Mereka sudah punya lapak atau blog favorit yang dikunjungi secara rutin. Jadi Anda harus melakukan sesuatu agar calon pembaca mau ‘berselingkuh’ dan mampir ke lapak milik Anda.

cartoon

Apa saja yang perlu disiapkan agar pembaca mau mampir dan menjadikan Anda ‘selingkuhan’? Yang harus disiapkan sebenarnya sama saja dengan Anda kita ingin pacaran (lagi) di dunia nyata. Apa saja itu?

1. Smart

Banyak orang yang suka pacaran dengan cowok atau cewek yang smart. Yang berwawasan luas. Yang ngomongnya bisa nyambung.

Jadi supaya dilirik, tulisan yang dibuat harus bermanfaat. Harus bisa memberikan pelajaran dengan cara yang cerdas. Harus bisa memberikan informasi yang komprehensif dan tidak membingungkan.

Jadi, jika diperlukan, lengkapi tulisan dengan data. Jika perlu lakukan riset kecil-kecilan. Sebagai bahan riset, Anda hanya perlu menanyakan kepada paman Google.

2. Humoris

Banyak orang yang suka pacaran (atau selingkuh) dengan sosok yang humoris. Yang bisa menyegarkan suasana. Yang bisa menghidupkan suasana yang membosankan.

Jadi jika memungkinkan, selipkan unsur humor dalam tulisan. Humor bisa menjadi selingan terutama jika topik yang dibahas itu berat. Namun jangan berlebihan. Humor hanya sebagai sisipan. Terlalu banyak melucu akan membuat tulisan menjadi lebay. Bahkan norak. Karena faktanya, sekalipun banyak orang yang suka pacaran dengan sosok humoris, hanya sedikit yang mau menikah dengan pelawak. Jadi jangan sekali-kali menjadi ‘pelawak’ dalam tulisan Anda.

3. Trendy

Pasti banyak orang yang ingin pacarnya (atau pasangan selingkuhnya) trendy.Yang penampilannya up to date. Pacar yang penampilannya jadul alias jaman dulu hanya akan membuat malu.

Dalam menulis, pastikan kita mengetahui perkembangan terbaru pada topik yang ditekuni, atau hal umum yang berlaku. Upayakan untuk terus mengupdate informasi agar tidak ketinggalan jaman.

4. Bertanggung jawab

Banyak orang yang ingin kekasihnya adalah sosok yang bertanggungjawab, yang berani menerima resiko atas apa yang dilakukan. Yang gak segan mengaku salah jika berbuat salah dan meminta maaf jika melakukan kekeliruan.

Sebagai blogger Anda bukanlah sosok yang sempurna. Suatu saat Anda mungkin bisa salah. Bisa salah berasumsi, salah mengambil kesimpulan, salah menganalisa, dan sebagainya. Jika ternyata tanpa sengaja melakukan kesalahanan, jangan ragu untuk bertanggung-jawab. Antara lain dengan meralat atau meng-update tulisan yang isinya tidak terlalu tepat. Atau meminta maaf secara terbuka kepada pihak yang dirugikan.

5. Mau mendengar

Banyak pasangan yang selingkuh karena merasa menemukan sosok yang mau mendengar. Yang menyediakan bahu sebagai tempat bersandar. Yang menyediakan sapu tangan untuk air mata yang berlinang.

Sebagai blogger, Anda juga harus mau mendengar. Simak apa yang diinginkan pembaca. Tanggapi usulan atau pertanyaan pembaca. Sedapat mungkin balas setiap komentar yang masuk. Ketika menanggapi komentar, berilah tanggapan yang sopan dan santun. Jangan terkesan arogan dan mau menang sendiri.

6. Kreatif

Kekasih yang kreatif akan disukai pasangan. Bahkan banyak pihak yang berselingkuh karena pasangannya kreatif dan gak membosankan, tidak monoton seperti yang ditemui di rumah.

Sebagai blogger Anda harus kreatif. Tak hanya pada mencari sudut pandang yang baru namun juga pada gaya bahasa. Jika gaya dan topik tulisan monoton, pembaca bisa bosan. Anda juga bisa merasa jenuh. Jika Anda rajin melakukan variasi, pembaca akan tertarik dan sebagai penulis Anda juga akan merasa seperti mendapatkan energi baru.

***



Apa yang dipaparkan ini hanya sebagian kecil dari sejumlah langkah yang bisa dilakukan supaya pembaca mau ‘berselingkuh’ dengan Anda. Mau menjadikan lapak Anda sebagai lokasi tujuan setiap hari, di samping lapak-lapak lain yang lebih dulu dijadikan ‘pacar’.

Menulis itu hakekatnya sama dengan merayu agar pembaca terhanyut dengan untaian kata demi kata yang kita paparkan. Jika pembaca terhanyut dan ‘jatuh cinta’, mereka akan datang lagi dan lagi dan lagi…..

p.s:



Tulisan ini adalah tips ngeblog. Jadi mohon tidak dijadikan sebagai tips untuk selingkuh beneran di dunia nyata, hehehehehe

** gambar diambil dari: lcooks1.wordpress.com **

4 comments:

gajah_pesing said...

senadainya di dunia nyata,uda brapa kali saia selingkuh ya? hahaha...
ulasan yang menarik, suatu tips ngeblog yang sangat bermanfaat bagi saia :) trims

blackgerry said...

tips selingkuh hahahahaa

hes said...

Tulisan ini adalah tips ngeblog. Jadi mohon tidak dijadikan tips untuk selingkuh beneran di dunia nyata ... atau di dunia maya! :P

Cikiciew said...

nice tips mas, ntar saya coba praktekin di rumah :D




mari kunjungi juga web saya gan....
Menginstal windows xp secara otomatis

Post a Comment