Blogdetik Super Keren? Ya Iyalah!!!

headline5

SEBAGAI blogger yang sudah lumayan lama luntang-lantung di blogdetik, kami, aku dan Dee sudah lama tau kalau blogdetik itu keren. Namun baru kemarin kami sadar kalau blogdetik bukan sekedar keren. Namun super keren!!!

Sejak kemarin dulu, ada momen-momen yang membuat kami gembira. Diawali ketika posting Dee tentang Pernikahan ibarat Judi terpilih sebagai headline dan sempat nampang di halaman depan detikcom. Beberapa jam kemudian, posting iseng tentang membaca tulisan jelek yang aku buat di sukangeblog ternyata juga menjadi headline. Padahal tulisan itu dibuat buru-buru, karena terprovokasi komentar gajahpesing dan hes tentang blog yang sudah lama gak diupdate. Kemarin, aku menulis di blog pribadi yang juga lama gak diupdate, catatanqu. Aku ingin menyuarakan opini tentang rok mini yang menjadi pembicaraan panas di mana-mana. Tak disangka, hanya beberapa menit setelah dipublish, tulisan tentang rok mini langsung menjadi headline!! (Kegembiraan rasanya makin lengkap karena tips ngeblog berjudul Menyiasati Godaan Copy Paste yang dipublikasi di sebuah platform ngeblog juga ditahbiskan sebagai headline).

Tentu bukan karena tulisan yang kami buat berturut-turut menjadi headline lalu kami menahbiskan blogdetik super keren. Posting kami menjadi headline karena ada perubahan ‘kecil’ di blogdetik. Perubahan itulah yang kami anggap super keren.

Perubahan apa yang telah terjadi?

Sejujurnya, kami baru menyadari hal itu akhir-akhir ini. Yakni posting yang terpampang di headline tak lagi dibatasi tiga, namun lebih. Headline di blogdetik kini lebih bervariasi dan dinamis. Dan itu yang kami pikir sangat keren.

Dulu, jatah untuk headline hanya dibatas tiga. Jadi jika di pagi hari admin sudah memilih tiga tulisan di headline, maka tiga posting itu yang akan terpampang hingga 24 jam berikutnya. Bahkan jika pemilihan dilakukan hari Jumat, tiga posting itu akan bertengger di tahtanya hingga Sabtu, Minggu dan Senin pagi!!!

Aku pernah mengusik hal ini ketika berdiskusi, kalau tidak salah di salah satu posting suami malas. Aku mengusulkan agar kuota tulisan di headline ditambah, jangan hanya tiga. Asumsiku sederhana. Ada ribuan bahkan mungkin puluhan ribu blogger yang ngendon di blogdetik. Setiap hari mungkin ada ratusan posting baru yang dipublikasikan. Masak sih dari ratusan itu hanya tiga yang dianggap terbaik?

Untunglah, kini ada perubahan. Dan kami menganggap perubahan ini sangat positif. Kini jatah diperluas, tak hanya tiga. Semua bloggerdetik kini punya peluang untuk nampang di headline. Bahkan jika tulisan dipublish petang hari, peluangnya tetap terbuka.

Tentu kebijakan ini ada konsekuensinya. Yakni tugas admin semakin berat. Admin harus stand by terus menerus, dan setiap saat memelototi sekaligus menelanjangi tulisan yang baru dipublish. Berat dan melelahkan memang. Tapi bukankah memang ITU tugas seorang admin?

Tetap eksis

Sebagai pengguna lama blogdetik, kami penghuni rumahkayu berharap ke depan blogdetik yang kini sudah super keren akan makin keren. Dan, tentu saja, tetap eksis.

Terus terang, sejak ada perubahan manajemen di detikcom sempat ada kekhawatiran bagi kami pengguna blogdetik menyangkut masa depan blogdetik. Detikcom di tangan pemilik baru kini sangat berorientasi bisnis. Itu terlihat dari makin bejibunnya iklan di halaman depan detikcom, juga di hampir semua kanal. Blogdetik, kelihatannya belum bisa memberikan kontribusi dari sisi finansial. Bahkan mungkin dapat dikategorikan sebagai proyek rugi.

Karena belum bisa menghasilkan laba, blogdetik mungkin bisa memperkuat sisi lain. Yakni branding. Pencitraan. Bahwa blogdetik merupakan bagian dari detikcom yang bisa memberi nilai tambah dalam bentuk layanan gratis yang berkualitas. Sisi kualitas ini yang harus ditonjolkan, dan itu antara lain tergambar dalam tampilnya tulisan bagus dan menarik di headline.

Blogdetik saat ini sudah dalam jalur yang benar. Namun tentu saja tantangan besar masih ada di depan mata. Tantangan yang harus disikapi dengan profesional dan inovasi tanpa henti!!!

p.s

Kami, penghuni rumahkayu punya feeling bahwa admin yang kini menggawangi headline bukan lagi mas kw atau karel ya? Jika feeling kami benar, terimalah salam kenal dari kami (atau jangan-jangan kita sebenarnya sudah saling kenal namun kami aja yang gak ngeh kalau Anda adalah admin? Hehehehehe)

We still love you

24 comments:

gajah_pesing said...

kasihan bang.. belum sarapan yang ketiga .. kebanyakan melotot bang... kasihan bang... :p

karel anderson said...

dari kemarin-kemarin gw malah gak pernah menggawangi headline. :)

tulisan gw biasanya masuk headline viva.

viva cosmetic tapi :D

melly said...

ini adminya udah komen di atas, mas gajah..

melly said...

Setuju deehh...blogdetik sekarang semakin keren.
Buat mas Gajah..jangan capek yah mas kerjanya..hehe semangat!! demi blogdetik tercinta :p

tulisanku kemarin jg sempet masuk headline :D

rumahkayu said...

@ gajahpesing, haha...

ternyata satu-satunya sosok yang kami curigai benar adanya... makasi atensinya ya ;)

rumahkayu said...

@karel, viva cosmetic? Boleh juga tuh, hehehehe ;)

asmadie said...

hahaha.. ternyata yang disangka bener terjadi... kalau mas @gajah_pesing adminnya..

headline memang banyak perubahan.. jadi kalau memang ingin bertengger di headline agak lama, mending postingnya agak sorean aja, kan bisa sampai pagi tuh *kalau masuk tapi :)

pembahasannya menarik , blogdetik emang super kereennnn !!
salam perbloggeran

hes said...

Eh.. saya mah ngga yakin posting di blog saya masuk headline di Blogdetik kecuali adminnya doyan masak eh atau paling ngga doyan makan ;) Uhuy! Salam kenal mas @gajah_pesing :mrgreen:

Chaconk said...

Masuk diPosting terbaru aja sya udh jingkrak2...hehehehe!!
tp skrg lg down update blog, coz.x bru2 ini blog sya entah kena dance atau udh dbanned ma mbh google smpe smua index halamn ilang..:(

Herry said...

hehehe.... postingan saya bertahan berapa minggu tuh di "Top Posting" ...????
Malah 2 postingan lagi.....

saiaah said...

saiaah masih belajar ngeblog, jd masih liat2 blog yang lain aja..

dan menurut saiaah blog rumah kayu ini, udah pakar menulis ya...?? tolong bimbing saiaah yang masih newbie

rumahkayu said...

@asmadie, siiip... salam perbloggeran juga...

@hes, uhuy, salam kenal juga (eh salah ya? hehehehe ;) )

@chaconk, wah kok bisa gitu ya? mungkin karena pake script yang mencurigakan?

@herry, iya mas, yang IDM itu ya? sampe sekarang masih ada tuh :)

@saiaah, kalu pakar menulis sih kayaknya kita belum. Mungkin kelak 20 -30 tahun lagi akan sampe kesana, tp untuk saat ini kami hanya blogger biasa yang pingin berbagi..

kalu tips menulis mungkin bisa diliat di sukangeblog.blogdetik.com ;) hehehe

baju anak said...

ya.. emang makin keren, saya sebagai reader menikmati aja.

hes said...

eh pake url yang dot.com lupa :p btw, blog saya di masukdapur.blogdetik.com, mas gajah_pesing. *titip promo kali aja mas admin Blogdetik sering mampir rumahkayu* uhuy!

guru rusydi said...

saya dulu awalnya di blogdetik cuman butuh komunitas. soalnya blog keroyokan di sebelah udah semakin gak jelas. gak puas aja rasanya di sana. di blogdetik ngerasa pake wp en blogger. cuman yg buat saya terganggu ada captcha di bawah komen blogdetik. menyusahkan buat yg udah punya akun

marthauli said...

Dari headline, blog kita bisa banyak mengundang pengunjung dtng ke blogg kita.

shalawat said...

SEBUAH SOLUSI DENGAN BERIKHTIAR DAN BERDO’A
As-Salamu’alaikum Wr. Wb.
Bagi Anda yang menginginkan ketenangan bathin, ruhani dan ketenangan dalam menjalani kehidupan di dunia ini, segala impian yang anda cita-citakan selalu berhasil dan do’a yang anda panjatkan selalu di ijabah oleh Allah SWT. silahkan hubungi blog kami atau kontek ke nomor ini 087726255005.
Semoga Allah Swt. selalu membimbing kita untuk meraih hidayahNya.
Was-Salam.

seve said...

wiii keren keren ini aja nongkrong lagi postingannya di blogdetik jadi ane bisa klik + salam kenal pengguna baru yg bingung mau posting apaan

harly said...

menurutku blog detik memang keren..
alasan nya.. postingan di dalamnya selalu Update,,
tampilannya yang simple dan menarik dan
banyaknya member yang bergabung di blog detik menjadi nilai tambah terhadap blog detik kedepannya..

legging said...

blogdetik memang tmbah keren.. salam sukses

RAHMAT said...

salam dari rahmat...

aziza said...

kos saking kerennya..ampe blogger br bermunculan.. Q seting widget aja g bs..overload :)

tanya said...

banyak juga yang memanfaatkan blogdetik untuk membuat zombie blog :D

investigasi said...

Anda punya kecurigaan ??
Tak ada waktu untuk membuktikannya??

Kunjungi Blog kami :

http://middlemaninvestigation.blogdetik.com/

Post a Comment