Spray Bottle ( Surat untuk Mechta )

Mechta yang baik,


WAH, tidak terasa ya, sudah hampir satu tahun sejak kita bertemu. Pertemuan singkat yang tak direncanakan saat aku melintas di kota tempat Mechta tinggal itu…


Hari ini aku senang sekali saat mendapat kabar bahwa Mechta termasuk salah satu yang telah mendapatkan tempat untuk pergi menunaikan ibadah haji tahun ini.


Ah, betapa senangnya… Sungguh suatu karunia besar mendapat panggilan untuk menjadi tamu Allah begitu.


Omong- omong, aku juga senang sekali saat Mechta mengatakan padaku bahwa membaca rangkaian tulisan tentang umrah yang kubuat di blog rumahkayu ini makin membuat Mechta sangat ingin segera pergi ke Tanah Suci.


Alhamdulillah, walau tentu saja aku tahu bahwa Mechta sendiri bahkan telah berniat pergi ke sana sejak lama, dan telah mengantri selama dua tahun untuk dapat berangkat berhaji ini, paling sedikit, rasanya aku tidak sia- sia menulis jika aku bisa menggambarkan betapa indah dan nikmat apa yang kurasakan di sana.


Nikmatnya, Mechta, sungguh rasa nikmat yang terlalu sulit untuk digambarkan dengan kata- kata…


Oh ya, kali ini, aku menulis untuk menceritakan tentang apa yang disarankan oleh adikku untuk kubawa saat berangkat umroh kemarin. Sesuatu yang tadinya saat mendengar saran itu tak terbayang bahwa apa yang disarankan untuk kubawa itu akan menjadi salah satu benda paling berguna selama berada di Tanah Suci...


***


Baiklah kuceritakan sedikit tentang adikku.


Kita semua percaya bahwa Allah memilih sendiri siapa yang akan dipanggilNya ke Tanah Suci. Dan adikku termasuk salah satu yang beruntung sebab diundang menjadi tamu Allah berulang kali dalam usia muda.


Dia pertama kali berhaji di usia sekitar 27 tahun.


Ketika itu, dia sedang tinggal di Inggris untuk menyelesaikan program Doktornya. Saat sedang tinggal di sana itulah dia berangkat berhaji dengan istrinya.


Adikku dan istrinya adalah teman semasa SMA, sesama pendaki gunung. Karenanya aku sama sekali tak heran bahwa ketika itu mereka berangkat berhaji tanpa terlalu pusing merancang atau memikirkan ini dan itu tentang akomodasi selama berada di Tanah Suci. Adikku selalu dengan senyum lebar menceritakan bahwa mereka berangkat dengan niat untuk ‘menggelandang’ saja selama musim haji itu. Bagaimana nanti sajalah, yang penting bisa menunaikan ibadah haji.


Bisa kupahami pikiran ini. Adikku bersekolah ke Inggris dengan beasiswa. Artinya, dia tak punya terlalu banyak uang saku. Jadi pikiran ‘yang penting bisa menunaikan ibadah haji’ tanpa terlalu memusingkan urusan akomodasi itu bisa dipahami.


Dan Allah memang selalu menjaga umatNya. Sebab sepanjang yang kuingat, selama di sana dia sama sekali tak menghadapi situasi yang dekat dengan kata ‘menggelandang’.


Allah bahkan memberinya banyak rejeki dan kemudahan.


Menjelang berangkat berhaji, dia diperkenalkan dan akhirnya berangkat dan berkumpul dengan sekelompok jamaah haji asal Inggris sepanjang musim haji tersebut. Lalu...  tanpa disangka- sangka, pada tahun berikutnya, adikku ditawari oleh penyelenggara perjalanan haji dari Inggris tersebut untuk pergi berhaji lagi dengan status sebagai salah satu anggota panitia penyelenggara.


Artinya, pada tahun berikutnya itu, dia bisa berangkat haji untuk kedua kalinya dengan gratis sebagai imbalan dari 'pekerjaannya' membantu persiapan dan beragam urusan rombongan selama perjalanan ibadah haji.


Subhanallah.


Kenikmatan lain yang sungguh selama bertahun- tahun membuatku merasa betapa Allah sungguh memberinya rejeki besar adalah bahwa pada kali pertamanya berhaji, dia bisa berjumpa dengan kedua orang tuaku yang juga sedang menunaikan ibadah haji pada musim haji yang sama di Tanah Suci.


Pertemuan itu terjadi tanpa sengaja, tak dirancang atau disepakati dengan janji lebih dahulu.


Ketika itu, telepon genggam belum beredar sebanyak dan mudah diperoleh seperti sekarang. Jikapun ada, area dimana sinyalnya dapat tertangkap sangat terbatas. Artinya, walau tentu saja orang tuaku tahu bahwa adikku dan istrinya akan berangkat berhaji , berangkat dari Inggris, dan sebaliknya adikku tahu bahwa orang tuaku juga akan tiba di Tanah Suci dengan rombongan haji dari Indonesia, tak ada cara untuk dapat mengkomunikasikan tempat tinggal masing- masing selama berada di sana.


Dan tanpa diduga, di ujung masa ibadah haji itu, saat sedang berjalan menuju tempat untuk melempar jumrah, adikku dan istrinya melihat sebuah bendera dengan tulisan nama biro perjalanan dari Indonesia -- biro perjalanan dimana orang tua kami bergabung dalam rombongannya -- dan dengan segera menduga bahwa di situlah orang tua kami tinggal pada hari- hari tersebut.


Ah, dapat kubayangkan betapa gembira dan mengharukannya bahwa adikku serta istrinya dapat bertemu di Tanah Suci dengan kedua orang tuaku setelah sekian lama tak berjumpa karena ketika itu sedang tinggal di benua yang berbeda .


( Sungguh, karena kejadian tersebut, dalam hati, selama bertahun- tahun, aku memendam suatu keinginan yang bahkan tak pernah berani kubayangkan akan dapat teraih, yaitu mengalami hal yang sama: berada di Tanah Suci bersama kedua orang tuaku. Dan oh.. walau aku sendiri tak berani berharap banyak, tapi Allah memang Maha Baik, sebab keinginan terpendam itu terkabul ketika kami dapat melakukan ibadah umrah bersama- sama beberapa saat yang lalu… )


***


Kembali ke cerita tentang adikku, pada tahun- tahun berikutnya di masa tinggalnya di Inggris, setiap kali mereka mudik ke Indonesia, adikku dan istrinya memilih terbang dengan Saudi Air. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa pesawat akan transit di Saudi Arabia. Bermalam satu dua hari di sana, mereka sempatkan untuk menunaikan ibadah umrah.


Sekali merangkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Perjalanan mudik mereka atur sedemikian rupa agar dapat pula menjadi perjalanan ibadah.


Nah lalu berdasarkan pengalaman mereka itulah, ada satu hal yang mereka pesankan agar diingat untuk dibawa saat kami pergi umrah kemarin. Pesan yang tampak sederhana tapi ternyata sangat berguna: bawa botol spray.


spray-bottle1


Adikku berkata, setibanya di sana nanti, isilah botol ini dengan air zam zam.


Kegunaannya beragam. Multifungsi.


Jika kami kepanasan, kami bisa menyemprotkan air ini ke muka. Jika haus dan tak berada dekat dengan air, sekedar seteguk dua teguk air bisa didapat dengan menyemprotkan air dari botol ini ke mulut. Dan jika kami hendak shalat, atau berthawaf yang mengharuskan kami dalam keadaan suci dan berwudlu tapi kemudian wudlunya batal, tak perlu repot tergopoh- gopoh pergi ke tempat wudlu yang jauh letaknya. Cukup semprotkan air ini dan berwudlu dengan air ini saja.


Dan itu ternyata adalah salah satu nasihat terbaik yang kami dapatkan.


Terutama urusan batal wudlu itu. Tak terhitung berapa kali urusan itu terjadi dan betapa mudahnya mengatasi hal tersebut karena kami memiliki air di dalam botol tersebut.


Anak- anakku yang lelaki, bahkan menggunakan botol spray itu untuk bergurau dan saling menyemprotkan air . Kerapkali mereka berkejaran di pelataran masjid sambil saling menyemprot saudaranya.


Kami biarkan mereka melakukan itu sebab tahu walau mereka sendiri melakukan itu dengan niat bergurau dan bermain, saat air yang disemprotkan itu menyentuh kulit, mereka akan merasakan kesejukan yang menyenangkan…


spray-bottle2


Dan oh ya, botol spray ini harganya tak terlalu mahal, juga mudah didapat di toko- toko ( biasanya di bagian kosmetik atau di bagian perawatan tanaman ) tapi, jangan dilihat harganya.. mudah- mudahan Mechta bersedia menerima hadiah botol spray yang akan dikirimkan ke alamat Mechta. Nanti dibawa, ya, ke Tanah Suci. Mudah- mudahan berguna disana...


p.s:
Selamat menunaikan ibadah haji, Mechta. Semoga Mechta diberi kesehatan, kelancaran dan kemudahan selama persiapan dan selama menjalankan ibadah haji nanti. Salam dari keluarga kami, baik keluarga di dunia nyata -- yang Mechta pernah temui tahun lalu -- juga 'keluarga' di rumahkayu...


** gambar diambil dari www.nailery.com.au dan www.vancouveryogareview.com **

9 comments:

hes said...

Selamat menunaikan ibadah haji, mba mectha :)

mechta said...

Makasih..makasih..makasih.. *terharu*

yuniarinukti said...

Cerita yang mengharukan Mbak Dee.. selamat ya Mbak Mechta bisa berangkat haji tahun ini..

semoga mechta mendapat kelancaran selama beribadah hajidan semoga semua kita yang merindukan untuk dapat berangkat ke tanah suci segera mendapat undangan untuk datang ke sana...

yuniarinukti said...

yah.. kok komenku ilang?

Ah jadi nulis lagi deh..

Mbak Dee.. ceritanya sangat mengharukan dan membahagiakan sekali, dan buat Mbak Mechta selamat ya bisa berangkat haji tahun ini..

ada koq komen-nya, yun... mungkin muncul agak terlambat, traffic penuh, macet pas lebaran... he he he :D d.~

diablo 3 said...

Thanx with the work, sustain the great operate Excellent function, I'm gonna begin a tiny Website Engine training course perform making use of your website I am hoping you take pleasure in running a blog using the common BlogEngine.web.Thethoughts you express are genuinely great. Wish you'll proper some much more posts.

nh18 said...

Mohon maaf Ibu Dee
saya datang kesini dari Blognya Mechta ...

Dan tak dinyana tak dikira ...
disini saya mendapatkan pengetahuan simpel ...
yang sesungguhnya amat sangat sederhana ... namun begitu banyak gunanya ...
Mohon izin untuk mencatat hal ini ya Bu ...

Salam saya

oh dengan senang hati, silahkan dicatat. senang sekali jika ada yang juga menganggap ide ini berguna :) salam kembali, mas... d.~

nh18 said...

oya satu lagi
terima kasih juga untuk adiknya Ibu Dee
sumber ide jitu ini

terimakasih kembali... nanti disampaikan komentar ini pada dia... d.~

anny said...

Tulisan ini saya keep mba dee, makasih ya, mudah2an sayapun bisa kesana suatu saat, kemarin saat mba umroh udah didoain kan hehe :D

wah senang sekali kalau tulisan ini berguna. semoga teh anny bisa segera berangkat ke Tanah Suci sesuai doa-doa yang dipintakan ya... d.~

Unknown said...

Kami memproduksi rumah kayu menggunakan sistem bongkar pasang KnockDown dengan berbagai pilihan model dan ukuran sesuai kebutuhan dan keinginan anda. pengalaman bertahun tahun dan profesionalitas membuat kami terus berinovasi dalam membuat rumah kayu yang berkualitas tinggi, eksotik, kuat dan nyaman.
visit: www.rumahkayu-modern.com
Hp: 085299981088 / 089675774536
pin: 228e414f

Post a Comment